RPP Kimia kurikulum 2013 kelas X & Xi Revisi 2018 Semester 1 dan 2
Sahabat guru SMA/ SMK dimanapun anda berada. Paket lengkap 1 tahun Perangkat pembelajaran Kimia kelas X dan Xi (10 dan 11) K13 edisi terbaru telah kami sediakan. Perangkat terdiri dari BUku kerja 1 yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Cover, Penetapan Indikator, Analisis keterkaitan KI dan KD, Analisis Standar Kompetensi lulusan, Pemetaan kompetensi dan format penilaian, KKM/ KBM, Analisis alokasi waktu, Analisis kompetensi. Pada buku kerja 2 disusun dokumen Lembar penilaian, Kode etik, Jurnal harian, Kalender pendidikan, Promes dan prota. Kesemuan file dalam format word dan excel.
Sesuai dengan judul postingan, RPP k13 Kimia kelas 10 terdiri dari 6 (enam) materi Pokok yakni untuk 3 (tiga) materi pokok semester ganjil adalah Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratori- um, serta peran Kimia dalam kehidupan, Struktur Atom dan Tabel Periodik, Ikatan Kimia, Bentuk Molekul, dan Interaksi Antarmolekul.
Untuk materi pokok kimia kelas 10 semester genap yang disusun pada RPP adalah Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit, Reaksi Reduksi dan Oksidasi serta Tata nama Senyawa dan terakhir Hukum-hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri.
Sedangkan untuk materi pembelajaran kimia kelas 11 terbaru ada 10 (sepuluh) antara lain Senyawa Hidrokarbon, minyak bumi, Termokimia, Laju Reaksi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Kesetimbangan Kimia dan Pergeseran Kesetimbangan, Asam dan Basa, Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam, Larutan Penyangga, Titrasi, Sistem Koloid. Semua yang admin tuliskan diatas merupakan materi lengkap kimia kelas 11 semester ganjil dan genap. Semoga dipahami
RPP kimia k13 kelas 10 dan 11 ini kami susun juga berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang telah sesuai format dengan pembelajaran abad 21 dalam artinya telah terinput kegiatan pembelajaran Literasi, Penguatan pendidikan karakter (PPK), 4C dan hots. Contoh rpp telah kami upload kedalam file google drive sehingga bisa bapak dan ibu lihat penampakkannya dibawah ini.
- DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS X K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE
- DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS X K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE
- DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS Xi K13 SEMESTER GANJIL DOC- SIMPAN FILE
- DOWNLOAD RPP KIMIA KELAS Xi K13 SEMESTER GENAP DOC- SIMPAN FILE
CONTOH K13 RPP KIMIA SMA REVISI 2018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA 1 UNGGULAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratori-
um, serta peran Kimia dalam kehidupan
Alokasi Waktu : 3 Minggu x 3 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
A.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.1 Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan | Mengidentifikasi berbagai produk yang mengandung bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya Mengidentifikasi beberapa bahan kimia dan sifatnya (mudah meledak, mudah terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain). Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah (membuat hipotesis, melakukan percobaan, dan menyimpulkan) Merancang percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan. Menjelaskan hakikat ilmu Kimia Memahami prosedur standar tentang keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium. Memahami peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi. |
4.1 Menyajikan hasil rancangan dan hasilpercobaan ilmiah | Menyajikan hasil rancangan percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan. Menyajikan peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi. |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Mengidentifikasi berbagai produk yang mengandung bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya
Mengidentifikasi beberapa bahan kimia dan sifatnya (mudah meledak, mudah terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain).
Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah (membuat hipotesis, melakukan percobaan, dan menyimpulkan)
Merancang percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
Menjelaskan hakikat ilmu Kimia
Memahami prosedur standar tentang keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.
Memahami peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
Menyajikan hasil rancangan percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
Menyajikan peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
B. Materi Pembelajaran
Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium, serta peran Kimia dalam kehidupan
Metode ilmiah
Hakikat ilmu Kimia
Keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium
Peran Kimia dalam kehidupan
C. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
D. Media Pembelajaran
Media :
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
LCD Proyektor
Alat/Bahan :
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
E. Sumber Belajar
Buku Kimia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
Buku refensi yang relevan,
Lingkungan setempat
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi vMelakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran vMemeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin vMenyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya vMengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. vMengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi vMemberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. vApabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia vMenyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung vMengajukan pertanyaan Pemberian Acuan vMemberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. vMemberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung vPembagian kelompok belajar vMenjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang baru dilakukan. vMengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia yang baru diselesaikan. vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : vMemeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. vPeserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. vMemberikan penghargaan untuk materi pelajaran Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
Diatas hanyalah contoh saja rpp kimia pertemuan pertama, untuk file lengkapnya bisa anda liha preview dibawah ini.
0 Response to "RPP Kimia kurikulum 2013 kelas X & Xi Revisi 2018 Semester 1 dan 2"
Posting Komentar