RPP Prakarya Kelas 7 k13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru

rpp kurikulum 2013 - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Prakarya Kelas 7 k13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan rpp, silabus, Tak Berkategori, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. RPP Prakarya Kelas 7 k13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru


1.




Pertemuan Ke-1 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic







Pemberian contoh-contoh materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic







Mendengar







Pemberian materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic













Mengolah informasi dari materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic













Menjawab pertanyaan tentang materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Dasar dan perkembangan teknologi konstruksi, jenis-jenis, fungsi konstruksi, dan prinsip ergonomic kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.








2.




Pertemuan Ke-2 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi







Pemberian contoh-contoh materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi







Mendengar







Pemberian materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi













Mengolah informasi dari materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi













Menjawab pertanyaan tentang materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Analisa sistem dan fungsi teknologi konstruksi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.








3.




Pertemuan Ke-3 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Konstruksi Jembatan











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konstruksi Jembatan dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Konstruksi Jembatan







Pemberian contoh-contoh materi Konstruksi Jembatan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konstruksi Jembatan







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konstruksi Jembatan







Mendengar







Pemberian materi Konstruksi Jembatan oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Konstruksi Jembatan













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Konstruksi Jembatan










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Konstruksi Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konstruksi Jembatan yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konstruksi Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konstruksi Jembatan







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Konstruksi Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konstruksi Jembatan sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Konstruksi Jembatan










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Konstruksi Jembatan













Mengolah informasi dari materi Konstruksi Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konstruksi Jembatan




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Konstruksi Jembatan










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Konstruksi Jembatan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Konstruksi Jembatan













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konstruksi Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Konstruksi Jembatan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Konstruksi Jembatan













Menjawab pertanyaan tentang materi Konstruksi Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konstruksi Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Konstruksi Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konstruksi Jembatan yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.








4.




Pertemuan Ke-4 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sejarah Perkembangan Jembatan dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Sejarah Perkembangan Jembatan







Pemberian contoh-contoh materi Sejarah Perkembangan Jembatan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Sejarah Perkembangan Jembatan







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Sejarah Perkembangan Jembatan







Mendengar







Pemberian materi Sejarah Perkembangan Jembatan oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Sejarah Perkembangan Jembatan







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Sejarah Perkembangan Jembatan sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan













Mengolah informasi dari materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sejarah Perkembangan Jembatan




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Sejarah Perkembangan Jembatan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Sejarah Perkembangan Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Sejarah Perkembangan Jembatan













Menjawab pertanyaan tentang materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Sejarah Perkembangan Jembatan yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Sejarah Perkembangan Jembatan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.








5.




Pertemuan Ke-5 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konstruksi Jembatan di Dunia dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Konstruksi Jembatan di Dunia







Pemberian contoh-contoh materi Konstruksi Jembatan di Dunia untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konstruksi Jembatan di Dunia







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konstruksi Jembatan di Dunia







Mendengar







Pemberian materi Konstruksi Jembatan di Dunia oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konstruksi Jembatan di Dunia







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Konstruksi Jembatan di Dunia sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia













Mengolah informasi dari materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konstruksi Jembatan di Dunia




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Konstruksi Jembatan di Dunia berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konstruksi Jembatan di Dunia dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Konstruksi Jembatan di Dunia













Menjawab pertanyaan tentang materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konstruksi Jembatan di Dunia yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konstruksi Jembatan di Dunia kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.








6.




Pertemuan Ke-6 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Jenis-Jenis Jembatan











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Jenis-Jenis Jembatan dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Jenis-Jenis Jembatan







Pemberian contoh-contoh materi Jenis-Jenis Jembatan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Jenis-Jenis Jembatan







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Jenis-Jenis Jembatan







Mendengar







Pemberian materi Jenis-Jenis Jembatan oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Jenis-Jenis Jembatan













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Jenis-Jenis Jembatan










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Jenis-Jenis Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Jenis-Jenis Jembatan yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Jenis-Jenis Jembatan







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Jenis-Jenis Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Jenis-Jenis Jembatan sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Jenis-Jenis Jembatan










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Jenis-Jenis Jembatan













Mengolah informasi dari materi Jenis-Jenis Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Jenis-Jenis Jembatan




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Jenis-Jenis Jembatan










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Jenis-Jenis Jembatan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Jenis-Jenis Jembatan













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Jenis-Jenis Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Jenis-Jenis Jembatan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Jenis-Jenis Jembatan













Menjawab pertanyaan tentang materi Jenis-Jenis Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Jenis-Jenis Jembatan yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Jenis-Jenis Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Jenis-Jenis Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Jenis-Jenis Jembatan yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Jenis-Jenis Jembatan yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Jenis-Jenis Jembatan







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Jenis-Jenis Jembatan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.








7.




Pertemuan Ke-7 (2 x 40 Menit)




Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)




Guru :




Orientasi







Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran







Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin







Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




Aperpepsi







Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya







Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.







Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.




Motivasi







Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.







Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :







Fungsi Sosial Jembatan











Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung







Mengajukan pertanyaan




Pemberian Acuan







Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.







Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung







Pembagian kelompok belajar







Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




Kegiatan Inti ( 50 Menit )




Sintak Model Pembelajaran




Kegiatan Pembelajaran




Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi Sosial Jembatan dengan cara :







Melihat (tanpa atau dengan Alat)







Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.







Mengamati







Lembar kerja materi Fungsi Sosial Jembatan







Pemberian contoh-contoh materi Fungsi Sosial Jembatan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb







Membaca.







Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Fungsi Sosial Jembatan







Menulis







Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi Sosial Jembatan







Mendengar







Pemberian materi Fungsi Sosial Jembatan oleh guru.







Menyimak







Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :







Fungsi Sosial Jembatan













untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.




Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :







Mengajukan pertanyaan tentang materi :







Fungsi Sosial Jembatan










yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.




Data
collection
(pengumpulan
data)




KEGIATAN LITERASI




Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:







Mengamati obyek/kejadian







Mengamati dengan seksama materi Fungsi Sosial Jembatan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.







Membaca sumber lain selain buku teks







Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Fungsi Sosial Jembatan yang sedang dipelajari.







Aktivitas







Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan yang sedang dipelajari.







Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber







Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.










COLLABORATION (KERJASAMA)




Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:







Mendiskusikan







Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Fungsi Sosial Jembatan







Mengumpulkan informasi







Mencatat semua informasi tentang materi Fungsi Sosial Jembatan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.







Mempresentasikan ulang







Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Fungsi Sosial Jembatan sesuai dengan pemahamannya.







Saling tukar informasi tentang materi :







Fungsi Sosial Jembatan










dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.




Data
processing
(pengolahan
Data)




COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :







Berdiskusi tentang data dari Materi :







Fungsi Sosial Jembatan













Mengolah informasi dari materi Fungsi Sosial Jembatan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.







Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi Sosial Jembatan




Verification (pembuktian)




CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)




Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :







Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :







Fungsi Sosial Jembatan










antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.




Generalization (menarik kesimpulan)




COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)




Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan







Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Fungsi Sosial Jembatan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.







Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :







Fungsi Sosial Jembatan













Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Fungsi Sosial Jembatan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.







Bertanya atas presentasi tentang materi Fungsi Sosial Jembatan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.










CREATIVITY (KREATIVITAS)







Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :







Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :







Fungsi Sosial Jembatan













Menjawab pertanyaan tentang materi Fungsi Sosial Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.







Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Fungsi Sosial Jembatan yang akan selesai dipelajari







Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Fungsi Sosial Jembatan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Fungsi Sosial Jembatan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan




Kegiatan Penutup (15 Menit)




Peserta didik :







Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Fungsi Sosial Jembatan yang baru dilakukan.







Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Fungsi Sosial Jembatan yang baru diselesaikan.







Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.




Guru :







Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Fungsi Sosial Jembatan







Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas







Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Fungsi Sosial Jembatan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.



0 Response to "RPP Prakarya Kelas 7 k13 Revisi 2017 Semester 2 & 1 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel