RPP Pjok sd k13 kelas 6 Revisi 2018

rpp kurikulum 2013 - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP Pjok sd k13 kelas 6 Revisi 2018, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan rpp, silabus, Tak Berkategori, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. RPP Pjok sd k13 kelas 6 Revisi 2018

rpp pjok tematik semester dan kurikulum 2013 revisi terbaru 2018 kelas 6 (enam) sd yang akan admin bagikan kali ini hanyalah contoh saja yang mungkin bisa dijadikan referensi dalam penyusunan rpp pjok revisi 2018. Tentu saja bapak dan ibu guru lebih paham dari kami bagaimana membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan update kurtilas saat ini. salah satunya dalam kegiatan pembelajaran sudah harus support dengan kegiatan literasi, Penguatan pendidikan karakter, hots dan 4C atau istilah kerennya Pembelajaran abad 21.


Saat ini admin baru bisa membagikan contoh rpp pjok sd k13 revisi 2018 semester 1 kelas Vi. Untuk semester 2 (dua) atau genap insya allah setelah bukunya terbit akan segera kami share. Nah sebagai contoh ini dia yang bisa kami tampilkan untuk anda. Semoga bermanfaat.


Untuk file lengkapnya silahkan hubungi WA SAYA DI 085273216532. Sedangkan contoh telah tersedia link downloadnya dibawah ini. Semoga bermanfaat.


  • download rpp pjok sd kurikulum 2013 revisi 2018 semester 1 sub pelajaran 1 - LIHAt FILE


  • download rpp pjok sd kurikulum 2013 revisi 2018 semester 1 sub pelajaran 2 - LIHAt FILE


  • download rpp pjok sd kurikulum 2013 revisi 2018 semester 1 sub pelajaran 3 - LIHAt FILE

gambar rpp pjok revisi 2018 kelas 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


PJOK



Satuan Pendidikan : SDN 27 Rambang Dangku


Kelas / Semester : 6 /1


Pelajaran : Bola Basket


Sub Pelajaran : Melempar Bola


Pertemuan : 1


Alokasi waktu : 90 menit




A. KOMPETENSI INTI


  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR



Muatan: PJOK












No



Kompetensi



Indikator



3.1







Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*



3.1.1 Mengetahui konsep variasi pola gerak dasar manipulatif dalam permainan bola basket .





4.1



Mempraktikkan variasi dan


kombinasi gerak dasar lokomotor,


non-lokomotor, dan manipulatif


dengan kontrol yang baik dalam


permainan bola besar sederhana


dan atau tradisional*



4.1.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar dalam permainan bola basket.



C. TUJUAN


  1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan teknik melempar bola dalam permainan bola basket dengan tepat.

  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan melempar bola dalam permainan bola basket dengan lancar.


D. MATERI


Teknik melempar bola dalam permainan bola basket.



E. PENDEKATAN & METODE


Pendekatan : Scientific


Strategi : Cooperative Learning


Teknik : Example Non Example


Metode : Permainan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek



F. KEGIATAN PEMBELAJARAN















Kegiatan



Deskripsi Kegiatan



Alokasi


Waktu



Kegiatan


Pendahuluan



1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa


2. Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).


3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita.


4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang bola basket. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:


Apa yang tergambar pada sampul buku.


Apa judul buku


Kira-kira ini menceritakan tentang apa


Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini


5. Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.


6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.


7. Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.


8. Sebelum melakukan kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.




10


menit



Kegiatan


Inti



A. Mengamati


  1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang teknik melempar bola dalam permainan bola basket. (Mandiri)


B. Menanya


  1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan

  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami.


C. Menalar


1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang kegiatan melempar bola.


2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.


3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan teknik melempar bola dengan bimbingan guru.


4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan


5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.


(Critical Thinking and Problem Formulation)



D. Mencoba


1. Sebelum memulai kegiatan melempar bola, guru harus mempelajari teknik melempar bola setahap demi setahap sampai mahir.


2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan teknik melempar bola secara bersama-sama.


(Creativity and Innovation)



E. Mengkomunikasikan


  1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya.

  2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lesan di depan teman dan guru.

(Mandiri)




150


menit



Kegiatan


Penutup



1. Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya mengetahui teknik melempar bola.


2. Guru meminta siswa mempraktikkan kembali teknik melempar bola yang benar.


3. Salam dan doa penutup.



15


menit



F. PENILAIAN


Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .


  1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)






































NO



SIKAP



KRITERIA



Keterangan



Belum Terlihat



Mulai terlihat



Mulai Berkembang



Membudaya



1



Disiplin













2



Kerja sama













3



Sportif













4



Tanggung jawab












Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa.



G. SUMBER DAN MEDIA


1. Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Deni Kurniadi, Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional,2018.


2. Internet.


3. Media Ajar Kelas VI SD/MI dari SCI Media.


4. Video/slide/gambar teknik melempar bola.



Catatan Guru


1. Masalah :.


2. Ide Baru :..


3. Momen Spesial :.






Mengetahui


Kepala Sekolah,






NIP.



, ...............


Guru PJOK Kelas 6 ,






NIP.



0 Response to "RPP Pjok sd k13 kelas 6 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel