RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, LITERASI)
Download RPP Kelas 1 K13 Revisi 2017 Memunculkan PPK, Literasi dan HOTS Semua Tema - DOWNLOAD DISINI
Sahabat guru, revisi kurikulum 2013 menyebabkan rencana Perangkat Pembelajaran para guru kelas rendah atau 1 SD juga mengalami perubahan mislanya saja pada Kompetensi dasar untuk kelas 1 SD dan pemetaan KI dan KD. Oleh karena itu melalui tulisan ini kami ingin membagikan RPP yang telah direvisi sesuai dengan perubahan kurikulum 2013 yang telah disosialisasikan ke sekolah-sekolah di tahun 2017 ini.
Perlu diketahui rpp kurtilas kelas 1 SD ini memang telah banyak dibagikan di internet, namun perlu diperhatikan ada rpp k13 terbaru revisi 2017 jelas berbeda dengan 2016, jadi anda sebagai pendidik harus benar-benar mencari rpp k13 yang memuat HOTS, PPK, LITERASI khususnya di tahun pelajaran baru 2017/2018.
PAda RPP kurikulum 2013 revisi terbaru untuk SD kelas 1 ini kami bagikan dalam bentuk word doc agar siap edit sehingga mempermudah rekan-rekan pendidik. RPP yang admin bagikan ini dalam bentuk kelompok sub tema. Artinya rpp dibagi dalam dalam satu sub tema pembelajaran. Tentu saja dalam sub tema terdapat 6 pembelajaran. Selanjutnya di akhir sub tema para guru harus mengadakan tes tertulis dengan sioal-soal UTS.
Adapun RPP kelas 1 SD kurikulum 2013 yang kami bagikan ini berasal dari sumber terpercaya yaitu blog yang pernah mendapat Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2015 yaitu milik Deni Ranoptri beralamat di www.gurusd.net. Nah RPP k13 jenjang SD/MI ini dibuat saat pelatihan kurikulum 2013 jadi insya allah telah dibimbing oleh instrukturnya dengan sistem Kelompok Kerja guru dan juga RPP ini tersusun atas pemetaan KI dan KD terbaru dari tema dan sub tema serta pembelajaran sehingga bukan RPP ini bisa dijadikan referensi oleh bapak ibu sebagai pedoman pembuatan rpp kurikulum 2013 untuk SD/MI.
RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap Semua Tema Tahun Pelajaran 2017/2018 - DOWNLOAD DISINI
Dibawah ini adalah contoh RPP kelas 1 kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran (PB) 1 Aku dan Teman Baru yang memuat HOTS, PPK, LITERASI. Semoga bermanfaat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi | Indikator |
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 1.2.1 Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. |
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 2.2.1 Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. |
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah. | 3.2.1 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah |
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. | 4.2.1 Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah |
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi | Indikator |
3.9 Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. | 3.9.1 Mengidentifikasi kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat |
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan | 4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat |
Muatan: SBDP
Kompetensi | Indikator |
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu | 3.2.1 Mengidentifikasi elemen musik melalui lagu |
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu | 4.2 Mempraktekan elemen musik melalui lagu |
C. TUJUAN
- Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
- Melalui permainan Suara siapakah itu?, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
- Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
- Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
- Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.
D. MATERI
- Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
- Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi atau permainan memperkenalkan diri, lirik lagu Siapa Namamu
- Buku Siswa.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
Apa yang tergambar pada sampul buku. Apa judul buku Kira-kira ini menceritakan tentang apa Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini | 15 menit |
Kegiatan Inti | A. Ayo Berlatih
![]() B. Ayo Mencoba
C. Ayo Bernyanyi
![]() D. Ayo Bermain Peran
| 140 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. 2. Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Siapa namamu? sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait Siapa namamu? Namaku setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai. 3. Menyanyikan lagu daerah. 4. Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang. 5. Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang. | 15 menit |
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1.a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
Bagi bapak dan ibu yang berminat menjadikan rpp kelas 1 kurikulum 2013 ini sebagai referensi bisa mengunduhnya melalui link dibawah. Cara download RPP ini sangatlah mudah. namun harus menggunakan Laptop atau komputer. Pertama klik link download teks COMOT DISINI. dan kemudian klik tombol get link here.
Demikian tentang RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semoga bermanfaat, selanjutnya unduh rpp dan silabus kelas 1,2,3,5 dan 6 Kurikulum 2013.
0 Response to "RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 & 2 (HOTS, PPK, LITERASI)"
Posting Komentar