RPP K13 FISIKA Revisi Terbaru PPK, Literasi, 4C, dan HOTS Kelas X, XI, XII

rpp kurikulum 2013 - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP K13 FISIKA Revisi Terbaru PPK, Literasi, 4C, dan HOTS Kelas X, XI, XII, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan rpp, silabus, Tak Berkategori, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. RPP K13 FISIKA Revisi Terbaru PPK, Literasi, 4C, dan HOTS Kelas X, XI, XII

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN, RPP KURIKULUM 2013 FISIKA SMA/SMK LENGKAP REVISI TERBARU MEMUNCULKAN PPK, Literasi, 4C, dan HOTS - UNDUH DISINI

Sahabat guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Sesuai dengan perubahan terbaru harus lebih kreatif dibuat oleh pendidik, mengapa? karena di dalam RPP k13 harus ada 4 macam point yang harus dimasukkan atau diinsert. Apa saja itu? keempat hal pengembangan rpp k13 tersebut adalah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media disebut dengan Literasi, Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative (4C), dan Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6 (HOTS).


Adapun pada postingan kali ini sebelum membahas topik tentang RPP kurikulum 2013 SMA/SMK revisi terbaru, berikut kami bagikan penjelasan singkat tentang keempat poin penting yang harus ada didalam rpp yakni PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Selamat membaca


Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);


Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang. Pengintegrasian dapat berupa :


  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);

  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;

  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,

  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;

  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Penjelasan Singkat tentang Gerakan Literasi Sekolah

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.


Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi ;


  1. Literasi Dini (Early Literacy),

  2. Literasi Dasar (Basic Literacy),

  3. Literasi Perpustakaan (Library Literacy),

  4. Literasi Media (Media Literacy),

  5. Literasi Teknologi (Technology Literacy),

  6. Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).


Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.


Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.


Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.


DOWNLOAD CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA SMA/SMK REVISI TERBARU


berikut admin bagikan contoh RPP FISIKA revisi 2017 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS yang bisa bapak dan ibu guru download secara gratis melalui tautan yang kami smeatkan dibawah


GAMBAR RPP K13 FISIKA REVISI PPK, Literasi, 4C, dan HOTS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan :


Kelas/semester : XI/2


Materi Pokok : Gelombang Bunyi


Alokasi Waktu : 3 x 45 menit



A. Kegiatan Inti


KI 1:


Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya


KI 2:


Mengembangkan prilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaualan dunia.


KI 3:


Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


KI 4:


Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya dari sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator


















NO



KD



Indikator



1



1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomenal alam fisis dan pengukurannya



1.1 Mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan melalui pengamatan gejala-gejala alami gelombang bunyi dan aplikasi gelombang bunyi dalam teknologi.



2



2.1Menunjukan prilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.



Melakukan kegiatan pengamatan peserta didik dapatterbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab.



3



3.1Menerapakan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi




Pert I


1. menjelaskan karakteristik gelombang bunyi


2. menggunakan persamaan cepat rambat gelombang pada zat gas, zat padat, dan zat cair untuk penyelesaian masalah.


3. Menggunakan efek doppler untuk penyelesaian masalah


4. Menjelaskan telinga sebagai penerima bunyi


Pert 2


5. Menjelaskan fenomena dawai


6. Menjelaskan fenomena pipa organa


7. Menjelaskan intensitas gelombang


8. Menjelaskan taraf intensitas bunyi




4



4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya




Pert 1


1. Melakukan percobaan untuk menghitung cepat rambat bunyi di udara


2. Melakukan percobaan untuk menentukan asas doppler


Pert 2


3. Melakukan percobaan untuk menentukan hubungan antara panjang dawai (L), Gaya tegangan tali (F), massa dawai (m), dan cepat rambat gelombang transfersal pada dawai (v)




C. TujuanPertemuan


Setelah proses mencari informasi, menanya, berdiskusi, dan melakukan percobaan, peserta didik dapat memahami pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural tentang gelombang bunyi.


1.2 Melalui mengamati gejala-gejala alami gelombang bunyi dan aplikasi gelombang bunyi dalam teknologi peserta didik dapat menyadari kebesaran Tuhan.


1.2 Sesuda melakukan Kegiatan Mengamati dan mencoba Peserta Didik dapat terbuka, jujur,hati-hati,aktif,disiplin, kerjasama dan bertanggung jawab.


3.7 Melaluikegiatan mengasosiasi data peserta didik dapat :


Pert 1


1. Menjelaskan karakteristik gelombang bunyi


2. Menentukan cepat rambat gelombang bunyi pada zat gas.


3. Menentukan cepat rambat gelombang bunyi pada zat padat,


4. Mentukan cepat rambat bunyi pada zat cair


5. Menjelaskan efek doppler


6. Menjelaskan telinga sebagai penerima bunyi


Pert 2


7. Mendefinisikan cepat rambat gelombang transversal pada dawai


8. Menggunakan persamaan melde dalam penyelesaian masalah


9. Menentukan hubungan antara frekuensi nada dasar dan nada atas lainya pada pipa organa terbuka


10. Menentukan hubungan antara frekuensi nada dasar dan nada atas lainya pada pipa organa tertutup


11. Mendefinisikan intesitas gelombang


12. Menggunakan persamaan intensitas gelombang untuk penyelesaian masalah.


13. Mengunakan persamaan taraf intensitas bunyi untuk penyelesaiaan masalah.


14. Menerapkan konsep gelombang bunyi pada pembuatan seruling dan gitar.



4.7 peserta didik dapat merancang dan melakukan percobaan :


Pert 1


1. Tabung resonansi


2. Efek Doppler


Pert 2


1. Melde.



D. Materi Pembelajaran


















Pert



Fakta



Konsep



Prinsip/Hukum



prosedur



I



Saat berteriak sambil memegang tenggorokan, maka kita akan rasakan tenggorokan kita bergetar.


Ketika senar gitar dipetik makakita akan mendengar bunyi.


Kilat dan guntur bergetar secara bersama-sama tetapi kita selalu melihat kilat lebih dahulu baru kemudian mendengar bunyi gunturnya.


Ketika mobil ambulans bergerak mendekati kita maka bunyi sirenenya makin tinggi dan semakin rendah ketika bergerak menjauhi kita.


Dengan telinga kita bisa mendengan bunyi



Sifat-sifat dasar bunyi


Cepat rambat bunyi di udara, zat padat, dan zat gas.


Kasus efek doppler


Bagian-bagian telinga.




Perambatan bunyi pada zat gas,zat padatdan zat cair


efek doppler




percobaantabung resonansi danefek Doppler



II



ada perbedaan bunyi pada senar gitar yang sama ketika dipetik dalam keadaan kendor dan dipetik dalam keadaan tegang.


Ada perbedaan nada pada pipa organa yang tertutup dan yang terbuka


Ada perbedaan kekuata gempa bumi di Armenia(6,9 skala Ricter) dengan gempa yang tejadi di Aceh (8,9 skal Richter)



Formulasi frekuensi dan resonansi pada senar


Cepat rambat gelombang trasversal dalam dawai


Frekuensi atau resonansi


Frekuensi alami pipa organa terbuka


Frekuensi alami pipa organa tertutup.



Hukum mersene


Hukum Melde




percobaan Melde




E. Pendekatan ,Model ,Metode Pembelajaran













Pert



Pendekatan



Model



Metode Pembelajaran



I



scientific



Inkuiri



1. Eksperimen


2. Diskusi


3. Tanya jawab



II



Inkuiri



F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran














Pert



Media



ALAT /BAHAN



Sumber Belajar



I



LKS 01 , LKS 02 Power Point & Makromedia



LKS 01 (satu zet tabung resonansi, garputala, pemukul garputala, air,mistar.)


LKS 02 (rel presisi, kereta sumber bunyi,sinyal generator, kereta penerima bunyi, danosiloskop)




a. Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga


b. Haryadi, Bambang. 2009. Fisika untuk SMA kelas X. Jakarta : pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


c. Bahan ajar peserta didik



II



LKS 03 , Power Point & Makromedia



Penggetar/vibrator, Katrol, Beban gantung /massa benda yangberbeda,Mistar , dan Senar dawai dengan empat jenis yang berbeda.






G. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran


Pertemuan 1
































Rincian Kegiatan



Waktu



Pendahuluan


1. Meberi salam


2. Mengecek kehadiran siswa.


3. Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa.


4. Guru memberi apersepsi dan motifasi tentang materi yang berkaitan dengan karakteristik bunyi,cepat rambat bunyi,efek doppler, dan telinga sebagai penerima bunyi.


5. Guru memberitahukantujuan pembelajaran



20 menit



Kegiatan Inti



100 menit



Sintak



Langkah/Kegiatan Pembelajaran



Tahap 1


Stimulation



Mengamati



1. Peserta didik mengamati tayangan video seorang anak yang sedang melihat kereta api yang sedang melintasi stasiun sambil membunyikan klakson.


2. Guru menilai keaktifan dan keterbukaan peserta didik dalam mengamati. **)



Tahap 2


Problem steimen



Menanya



1. Peserta didik bertanyatentang berapakah cepat rambat buyi diudara, berapakah frekuensi suber bunyi (klakson kereta api) dan berapakah frekuensi yang diterima pendengar yang berada di stasiun kereta api. (merumuskan masalah).


2. Dengan fasilitas guru peserta didik menemukan jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan (membuat hipotesis)


3. Guru menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan masalah dan membuat hipotesis**)



Tahap 3


Mengumpulkan data(Data processing)



Mencoba



1. Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)


2. Guru membagikan LKS 01 dan LKS 02 tentang percobaan tabung resonansi dan efek Doppler.


3. Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang terdapat dalam LKS 01 dan 02


4. Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada LKS 01 dan LKS 02


5. Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat perserta didik melakukan percobaan



Tahap 4


Memferifikasi data



Mengasosiasi





6. Peserta didik berdiskusi dan menjawb pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS 01 dan LKS 02 dan permasalahan tentang karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan telinga sebagai penerima bunyi.


7. Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang gelombang dan cepat rambat bunyi di udara.


8. Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara frekuensi sumber bunyi dan frekuensi pendengar.


9. Guru memberi permasalahan tentang karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan telinga sebagai penerima bunyi.


10. Guru mengarahkan siswa untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada bahan ajar.


11. Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*)





Mengkomunikasikan





Tahap5


Generalization



12. Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan.


13. Guru menilai sikap peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab..**)


14. Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik.





Penutup


1. Peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing


2. Guru dan peserta didik merangkum kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.


3. Guru memberikan post test kepada peserta didik


4. Guru memberikan tugas baca tentang fenomena pada dawai dan pipa organa,


5. Doa penutup.



15





Pertemuan 2































Rincian Kegiatan



Waktu



Pendahuluan


1. Memberi salam


2. Mengecek kehadiran siswa


3. Mempersilahkan siswa mengawali pembelajran dengan doa


4. Guru memberi apersepsi dan motifasi tentang materi yang berkaitan dengan fenomena pada dawai,fenomena pada pipa organa, intensitas gelombang dan taraf intensitas.


5. Guru memberitahukantujuan pembelajaran





Kegiatan Inti





Sintak



Langkah/Kegiatan Pembelajaran



Tahap 1


Stimulation



Mengamati



3. Peserta didik mengamati tayangan video seorang yang menyetel gitar dan biola.


4. Guru menilai keaktifan peserta didik dalam mengamati**)



Tahap 2


Problem steimen



Menanya



4. Peserta didik bertanyamengapa terjadi perbedaan nada saat menyetel gitar dengan menegangkan dawai dan mengkendorkan dawai, perbedaan jenis dawai dan panjang dawai.(merumuskan masalah).


5. Dengan fasilitas guru peserta didik menemukan jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan (membuat hipotesis)


6. Guru menilai keaktifan peserta didik dalam merumuskan masala, dan membuat hipotesis..**)




Tahap 3


Mengumpulkan data(Data processing)



Mencoba



6. Peserta didik dibagi dalam kelompok (1 kelompok terdiri dari 4-5 orang)


7. Guru membagikan LKS 03 tentang percobaan hukum Melde.


8. Guru bersama dengan peserta didik menyiapkan alat dan bahan yang terdapat dalam LKS 03


9. Peserta didik melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada LKS 03


10. Guru menilai keaktifan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin dan hati-hati pada saat perserta didik melakukan percobaan **)



Tahap 4


Memferifikasi data



Mengasosiasi





11. Peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS 01 dan LKS 02 dan permasalahan tentang karakteristik gelombang, cepat rambat gelombang pada zat padat dan zat cair dan telinga sebagai penerima bunyi.


12. Dengan fasilitas guru, peserta didik menganalisis dan merumuskan hubungan antara panjang senar dawai , frekuensi senar dawai, rapat massa linear senar dawai.


13. Guru memberi permasalahan tentang venomena pada pipa organa tertutup dan terbuka, intensitas gelombang, dan taraf intensitas gelomabang.


14. Guru mengarahkan siswa untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi hasil diskusi dengan mencari informasi pada bahan ajar.


15. Guru menilai ketrampilan mengolah dan menalar*)





Mengkomunikasikan





Tahap5


Generalisation



15. Perwakilan kelompok memaparkan hasil analisis dan kesempulan dari hasil percobaan yang dilakukan dan permasalahan yang diberikan.


16. Guru menilai sikap peserta didik dalam bekrja sama, terbuka, disiplin dan bertanggung jawab. .**)


16. Guru mengkofirmasikan hasil deiskusi peserta didik.





Penutup


17. Peserta didik kembali ke tempat duduk masing-masing


18. Guru memberika tugas membuat resume tentang gelombang cahaya.


19. Guru memberikan post test kepada peserta didik


20. Doa penutup.


Ket : **) : penilaian afektif dan psikomotor.


A. RPP dan LK Fisika Kurikulum-2013


  • Fisika LK 1.1

  • Fisika LK 1.2

  • Fisika LK 1.3

  • Fisika LK 1.4

  • RPP Fisika

  • Telaah Rpp

  • Telaah Peer Real Teaching

B. RPP dan Perangkat Fisika Kelas 10


  1. Fisika_BESARAN DAN SATUAN.zip

  2. Fisika_GERAK HARMONIK.zip

  3. Fisika_GERAK MELINGKAR.zip

  4. Fisika_GERAK PARABOLA.zip

  5. Fisika_MOMENTUM.zip

  6. Fisika_PENGUKURAN.zip

  7. Fisika_USAHA DAN ENERGI.zip

  8. Fisika_VEKTOR.zip

  9. RPP_FISIKA_GERAK PARABOLA.docx

  10. RPP_FISIKA_GLB DAN GLBB.docx

  11. RPP_USAHA DAN ENERGI.docx

C.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 11


  1. Program Semester.xls

  2. Program Tahunan.docx

  3. RPP ALAT-ALAT OPTIK.docx

  4. RPP DIFRAKSI DAN INTERFERENSI.docx

  5. RPP GELOMBANG BUNYI.docx

  6. RPP GELOMBANG CAHAYA.docx

  7. RPP GELOMBANG MEKANIK.doc

  8. RPP GELOMBANG STASIONER.doc

  9. RPP PEMANASAN GLOBAL.doc

  10. RPP PERSAMAAN GELOMBANG.docx

  11. RPP SUHU DAN KALOR.docx

  12. RPP TEORI KINETIK GAS_2.docx

  13. RPP_Teori Kinetik Gas.docx

  14. RPP radiasi gelombang EM.docx

  15. RPP _KD 3.5.zip

  16. RPP KD 3.10_1.docx

  17. RPP KD 3.10_2.docx

  18. RPP_3.11.docx

  19. RPP_3.9.docx

  20. RPP_KD 3. 8.zip

  21. RPP_KD 3.1_1.docx

  22. RPP_KD 3.1_2.docx

  23. RPP_KD 3.1_5.docx

  24. RPP_KD 3.2.docx

  25. RPP_kd 3.3.docx

  26. RPP_KD 3.4.docx

  27. RPP_KD 3.6.docx

  28. RPP_KD 3.7 .docx

D.RPP dan Perangkat Fisika Kelas 12


  1. LISTRIK ARUS SEARAH.docx

  2. LISTRIK STATIS.docx

  3. MEDAN MAGNET.docx

  4. INDUKSI ELEKTROMAGNETIK.docx

  5. RANGKAIAN ARUS BOLAK BALIK.docx

E. Materi BIMTEK 2017


  1. 1. 0 Dinamika Perkembangan Kur-2013.pptx

  2. 1.1. Dinamika Perkembangan Kur-2013_2017.pptx

  3. 1.2. Penguatan Pendidikan Karakter Kur-13 Dr. Arie Budhiman, M.SI_2017.pptx

  4. 1.3. Penerapan Literasi Dalam Pembelajaran.pdf

  5. 1.4. Panduan Bimtek pendampingan implementasi k-13 SMA.pdf

  6. 2017- PPK Dalam Pembelajaran.pptx

  7. 2017- PPK Dr. Arie Budhiman, M.SI.pptx

  8. 3. PENGOLAHAN NILAI_2017 oke.pptx

  9. 4 Bimtek K-13 2017.pptx

  10. BIMTEK KUR 13_(rangkuman)_Sunaryo.pptx

  11. Materi Pelatihan/E-rapor (1).pptx

  12. HOTS_Penyegaran (rangkuman)_iwan.pptx

  13. JURNAL MEMBACA TAHAP PENGEMBANGAN.docx

  14. Literasi-Pembelajaran-SMA-draftawal-7Februari.pptx

  15. Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Peserta-1.pptx

  16. MP-16-SMA_Fisika_RPP_2017.docx

  17. Pemantapan Materi Dan Strategi Penyampaian.Pptx

  18. Pengembangan MODEL PEMBEL INOVATIF KUR-2013 (Prof Udin)_Rev_2017.pptx

  19. Pengembangan Soal HOTS_2017.pptx

  20. Penilaian Terbaru 2017 (reg-7 ciputra).pptx

  21. Strategi Penyampaian Materi Pelatihan Kur-13_Prof. Said Hasan_2017.pptx

Demikian contoh rpp k13 fisika revisi terbaru 2017 untuk SMA dan SMK semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang memunculkan PPK, Literasi, 4C, dan HOTS. Semoga bermanfaat


sumber rpp

0 Response to "RPP K13 FISIKA Revisi Terbaru PPK, Literasi, 4C, dan HOTS Kelas X, XI, XII"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel