RPP IPA Kelas viii K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru

rpp kurikulum 2013 - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RPP IPA Kelas viii K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan rpp, silabus, Tak Berkategori, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. RPP IPA Kelas viii K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk mata pelajaran IPA untuk kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017. Wajib diketahui guru mata pelajaran IPA, khususnya untuk kelas 8. RPP dibuat untuk menjadi tolak ukur seberapa besar tingkat keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.


Sebelum melaksanakan RPP, dibutuhkan kelengkapan administrasi demi terlaksananya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di sekolah. Pada tahun ajaran 2017/2018 ini, perlu adanya pembaruan dalam hal kelengkapan administrasi menurut perkembangan peraturan pemerintah yang berlaku. Penyusunan RPP mengacu pada Permendikbud 22-24 tahun 2016. Intregrasi RPP adalah sebagai berikut:


  1. PKK atau Pendidikan Karakter, wajid terintregasikan dalam proses belajar mengajar.

  2. Mengintegrasikan 4C, yaitu: Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative.

  3. HOTS atau Higher Order Thinking Skill juga harus dintegrasikan.

Adapun materi yang harus tercantum untuk buku mata pelajaran IPA kelas VIII Kurikulum tahun 2013 Revisi 2017 adalah sebagai berikut contoh format rpp lengkap dibawah







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


REVISI 2017


(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Sekolah :SMPN 4 Gunung Megang


Mata Pelajaran : IPA


Kelas/Semester : VIII /Genap


Materi Pokok : Sistem Pernapasan


Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit



A. Kompetensi Inti


KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.


KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.


KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.



B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi









Kompetensi Dasar



Indikator



3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan




Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan


Memahami mekanisme pernapasan


Memahami berbagai gangguan pada sistem pernapasan


Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan



4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan



Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan


Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan



C. Tujuan Pembelajaran


Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:


Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan


Memahami mekanisme pernapasan


Memahami berbagai gangguan pada sistem pernapasan


Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan


Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan


Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan



D. Materi Pembelajaran


Sistem Pernapasan


Organ pernapasan


Mekanisme pernapasan


Gangguan pada sistem pernapasan


Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan



E. Metode Pembelajaran


1. Pendekatan : Scientific


2. Metode : Diskusi dan Eksperimen


3. Model : Discovery Learning



F. Media Pembelajaran


v Media :


Worksheet atau lembar kerja (siswa)


Lembar penilaian


Laboratorium IPA sekolah


Perpustakaan sekolah



v Alat/Bahan :


Penggaris, spidol, papan tulis


Laptop & infocus


Slide presentasi (ppt)



G. Sumber Belajar


Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud


Buku lain yang menunjang


Multimedia interaktif dan Internet



H. Langkah-Langkah Pembelajaran











1 . Pertemuan Pertama(4 x 40 Menit)



Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)



Guru :


Orientasi


vMelakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran


vMemeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin


vMenyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Aperpepsi


vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya


vMengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.


vMengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


Motivasi


vMemberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.


vApabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


vMenyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung


vMengajukan pertanyaan


Pemberian Acuan


vMemberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.


vMemberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung


vPembagian kelompok belajar


vMenjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



Kegiatan Inti ( 130 Menit )


















Sintak Model Pembelajaran



Kegiatan Pembelajaran



Stimulation


(stimullasi/


pemberian


rangsangan)



KEGIATAN LITERASI


Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar tentang Sistem Pernapasandengan cara :


vMelihat (tanpa atau dengan Alat)


Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.


vMengamati


Lembar kerja materi Pengantar tentang Sistem Pernapasan.


Pemberian contoh-contoh materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb


vMembaca.


Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengantar tentang Sistem Pernapasan.


vMenulis


Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengantar tentang Sistem Pernapasan.


vMendengar


Pemberian materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanoleh guru.


vMenyimak


Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.



Problem


statemen


(pertanyaan/


identifikasi


masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :


vMengajukan pertanyaan tentang materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.



Data


collection


(pengumpulan


data)



KEGIATAN LITERASI


Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:


vMengamati obyek/kejadian


Mengamati dengan seksama materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.


vMembaca sumber lain selain buku teks


Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang sedang dipelajari.


vAktivitas


Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang sedang dipelajari.


vWawancara/tanya jawab dengan nara sumber


Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.



COLLABORATION (KERJASAMA)


Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:


vMendiskusikan


Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengantar tentang Sistem Pernapasan.


vMengumpulkan informasi


Mencatat semua informasi tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


vMempresentasikan ulang


Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriPengantar tentang Sistem Pernapasansesuai dengan pemahamannya.


vSaling tukar informasi tentang materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.



Data


processing


(pengolahan


Data)



COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :


vBerdiskusi tentang data dari Materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


vMengolahinformasi dari materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.


vPeserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengantar tentang Sistem Pernapasan.



Verification


(pembuktian)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :


vMenambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.



Generalization


(menarik


kesimpulan)



COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)


Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan


vMenyampaikan hasil diskusi tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.


vMempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


vMengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar tentang Sistem Pernapasandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.


vBertanya atas presentasi tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.



CREATIVITY (KREATIVITAS)


vMenyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :


Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :


Pengantar tentang Sistem Pernapasan


vMenjawab pertanyaan tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.


vBertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang akan selesai dipelajari


vMenyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasanberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan



Kegiatan Penutup (15 Menit)



Peserta didik :


vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang baru dilakukan.


vMengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang baru diselesaikan.


vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.


Guru :


vMemeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasan.


vPeserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasan.


vMemberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasankepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.













2 . Pertemuan Kedua(4 x 40 Menit)



Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)



Guru :


Orientasi


vMelakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran


vMemeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin


vMenyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Aperpepsi


vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya


vMengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.


vMengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.


Motivasi


vMemberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.


vApabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :


Organ pernapasan


vMenyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung


vMengajukan pertanyaan


Pemberian Acuan


vMemberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.


vMemberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung


vPembagian kelompok belajar


vMenjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



Kegiatan Inti ( 130 Menit )


















Sintak Model Pembelajaran



Kegiatan Pembelajaran



Stimulation


(stimullasi/


pemberian


rangsangan)



KEGIATAN LITERASI


Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Organ pernapasandengan cara :


vMelihat (tanpa atau dengan Alat)


Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.


vMengamati


Lembar kerja materi Organ pernapasan.


Pemberian contoh-contoh materi Organ pernapasanuntuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb


vMembaca.


Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Organ pernapasan.


vMenulis


Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Organ pernapasan.


vMendengar


Pemberian materi Organ pernapasanoleh guru.


vMenyimak


Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :


Organ pernapasan


untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.



Problem


statemen


(pertanyaan/


identifikasi


masalah)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :


vMengajukan pertanyaan tentang materi :


Organ pernapasan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.



Data


collection


(pengumpulan


data)



KEGIATAN LITERASI


Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:


vMengamati obyek/kejadian


Mengamati dengan seksama materi Organ pernapasanyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.


vMembaca sumber lain selain buku teks


Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Organ pernapasanyang sedang dipelajari.


vAktivitas


Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Organ pernapasanyang sedang dipelajari.


vWawancara/tanya jawab dengan nara sumber


Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Organ pernapasanyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.



COLLABORATION (KERJASAMA)


Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:


vMendiskusikan


Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Organ pernapasan.


vMengumpulkan informasi


Mencatat semua informasi tentang materi Organ pernapasanyang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


vMempresentasikan ulang


Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriOrgan pernapasansesuai dengan pemahamannya.


vSaling tukar informasi tentang materi :


Organ pernapasan


dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.



Data


processing


(pengolahan


Data)



COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :


vBerdiskusi tentang data dari Materi :


Organ pernapasan


vMengolahinformasi dari materi Organ pernapasanyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.


vPeserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Organ pernapasan.



Verification


(pembuktian)



CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :


vMenambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :


Organ pernapasan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.



Generalization


(menarik


kesimpulan)



COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)


Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan


vMenyampaikan hasil diskusi tentang materi Organ pernapasanberupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.


vMempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :


Organ pernapasan


vMengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Organ pernapasandan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.


vBertanya atas presentasi tentang materi Organ pernapasanyang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.



CREATIVITY (KREATIVITAS)


vMenyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :


Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :


Organ pernapasan


vMenjawab pertanyaan tentang materi Organ pernapasanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.


vBertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Organ pernapasanyang akan selesai dipelajari


vMenyelesaikan uji kompetensi untuk materi Organ pernapasanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.




Catatan : Selama pembelajaran Organ pernapasanberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan



Kegiatan Penutup (15 Menit)



Peserta didik :


vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Organ pernapasanyang baru dilakukan.


vMengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Organ pernapasanyang baru diselesaikan.


vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.


Guru :


vMemeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Organ pernapasan.


vPeserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Organ pernapasan.


vMemberikan penghargaan untuk materi pelajaran Organ pernapasankepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.






1. Teknik Penilaian (terlampir)


a. Sikap


- Penilaian Observasi


Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap































No



Nama Siswa



Aspek Perilaku yang Dinilai



Jumlah Skor



Skor Sikap



Kode Nilai



BS



JJ



TJ



DS



1





75



75



50



75



275



68,75



C



2





...



...



...



...



...



...



...




Keterangan :


BS : Bekerja Sama


JJ : Jujur


TJ : Tanggun Jawab


DS : Disiplin



Catatan :


1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:


100 = Sangat Baik


75 = Baik


50 = Cukup


25 = Kurang


2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400


3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75


4. Kode nilai / predikat :


75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)


50,01 75,00 = Baik (B)


25,01 50,00 = Cukup (C)


00,00 25,00 = Kurang (K)


5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai



- Penilaian Diri


Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :





























No



Pernyataan



Ya



Tidak



Jumlah Skor



Skor Sikap



Kode Nilai



1



Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.



50





250



62,50



C



2



Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.





50



3



Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.



50





4



...



100





Catatan :


1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50


2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400


3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50


4. Kode nilai / predikat :


75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)


50,01 75,00 = Baik (B)


25,01 50,00 = Cukup (C)


00,00 25,00 = Kurang (K)


5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan



- Penilaian Teman Sebaya


Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:



Nama yang diamati : ...


Pengamat : ...


































No



Pernyataan



Ya



Tidak



Jumlah Skor



Skor Sikap



Kode Nilai



1



Mau menerima pendapat teman.



100





450



90,00



SB



2



Memberikan solusi terhadap permasalahan.



100





3



Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.





100



4



Marah saat diberi kritik.



100





5



...





50



Catatan :


1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100


2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500


3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00


4. Kode nilai / predikat :


75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)


50,01 75,00 = Baik (B)


25,01 50,00 = Cukup (C)


00,00 25,00 = Kurang (K)



- Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)



gambar RPP IPA Kelas VIII K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru

Untuk mendapatkan password RAR file rpp ipa smp dibawah silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Gerak pada Manusia semester ganjil Doc - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Gerak dan Gaya semester ganjil Doc - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Pesawat Sederhana semester ganjil Doc - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Struktur dan Fungsi Tumbuhan semester ganjil Doc - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Zat Aditif dan Zat Adiktif semester ganjil Doc - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Peredaran Darah semester ganjil Doc - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Pencernaan pada manusia semester ganjil - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Tekanan Zat - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sistem Pernapasan - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sistem Ekskresi - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Getaran, Gelombang, dan Bunyi - COMOT RPP


  • download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Cahaya - COMOT RPP

Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 yang wajib para guru ketahui.

0 Response to "RPP IPA Kelas viii K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel