RPP IPA Kelas viii K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk mata pelajaran IPA untuk kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017. Wajib diketahui guru mata pelajaran IPA, khususnya untuk kelas 8. RPP dibuat untuk menjadi tolak ukur seberapa besar tingkat keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.
Sebelum melaksanakan RPP, dibutuhkan kelengkapan administrasi demi terlaksananya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di sekolah. Pada tahun ajaran 2017/2018 ini, perlu adanya pembaruan dalam hal kelengkapan administrasi menurut perkembangan peraturan pemerintah yang berlaku. Penyusunan RPP mengacu pada Permendikbud 22-24 tahun 2016. Intregrasi RPP adalah sebagai berikut:
- PKK atau Pendidikan Karakter, wajid terintregasikan dalam proses belajar mengajar.
- Mengintegrasikan 4C, yaitu: Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative.
- HOTS atau Higher Order Thinking Skill juga harus dintegrasikan.
Adapun materi yang harus tercantum untuk buku mata pelajaran IPA kelas VIII Kurikulum tahun 2013 Revisi 2017 adalah sebagai berikut contoh format rpp lengkap dibawah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Sekolah :SMPN 4 Gunung Megang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII /Genap
Materi Pokok : Sistem Pernapasan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan | Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan Memahami mekanisme pernapasan Memahami berbagai gangguan pada sistem pernapasan Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan |
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan | Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Memahami dan mengidentifikasi organ pernapasan
Memahami mekanisme pernapasan
Memahami berbagai gangguan pada sistem pernapasan
Menjelaskan upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
Membuat poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan
D. Materi Pembelajaran
Sistem Pernapasan
Organ pernapasan
Mekanisme pernapasan
Gangguan pada sistem pernapasan
Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
F. Media Pembelajaran
v Media :
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
Laboratorium IPA sekolah
Perpustakaan sekolah
v Alat/Bahan :
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
Slide presentasi (ppt)
G. Sumber Belajar
Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud
Buku lain yang menunjang
Multimedia interaktif dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama(4 x 40 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi vMelakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran vMemeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin vMenyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya vMengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. vMengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi vMemberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. vApabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Pengantar tentang Sistem Pernapasan vMenyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung vMengajukan pertanyaan Pemberian Acuan vMemberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. vMemberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung vPembagian kelompok belajar vMenjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasanberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang baru dilakukan. vMengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasanyang baru diselesaikan. vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : vMemeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasan. vPeserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasan. vMemberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar tentang Sistem Pernapasankepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan Kedua(4 x 40 Menit) | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | ||||||||||||||
Guru : Orientasi vMelakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran vMemeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin vMenyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi vMengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya vMengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. vMengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi vMemberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. vApabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Organ pernapasan vMenyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung vMengajukan pertanyaan Pemberian Acuan vMemberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. vMemberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung vPembagian kelompok belajar vMenjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | ||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 130 Menit ) | ||||||||||||||
| ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Organ pernapasanberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup (15 Menit) | ||||||||||||||
Peserta didik : vMembuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Organ pernapasanyang baru dilakukan. vMengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Organ pernapasanyang baru diselesaikan. vMengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : vMemeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Organ pernapasan. vPeserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Organ pernapasan. vMemberikan penghargaan untuk materi pelajaran Organ pernapasankepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C | |
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
BS : Bekerja Sama
JJ : Jujur
TJ : Tanggun Jawab
DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 75,00 = Baik (B)
25,01 50,00 = Cukup (C)
00,00 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 75,00 = Baik (B)
25,01 50,00 = Cukup (C)
00,00 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau menerima pendapat teman. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah saat diberi kritik. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 75,00 = Baik (B)
25,01 50,00 = Cukup (C)
00,00 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
Untuk mendapatkan password RAR file rpp ipa smp dibawah silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Gerak pada Manusia semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Gerak dan Gaya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Pesawat Sederhana semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Struktur dan Fungsi Tumbuhan semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Zat Aditif dan Zat Adiktif semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Peredaran Darah semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 Sistem Pencernaan pada manusia semester ganjil - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Tekanan Zat - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sistem Pernapasan - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sistem Ekskresi - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Getaran, Gelombang, dan Bunyi - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 8 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Cahaya - COMOT RPP
Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 yang wajib para guru ketahui.
0 Response to "RPP IPA Kelas viii K13 Revisi 2017 semester 2 & 1 Terbaru"
Posting Komentar