RPP IPA Kelas 7 K13 Revisi 2017 Semester 2 dan 1 Terbaru
Sahabat guru, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai RPP, khususnya mata pelajaran IPA tingkat SMP kelas 7 K13 edisi yang telah direvisi 2017.
Kurikulum 13 Revisi 2017 sudah mulai diterapkan tahun 2017/2018. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan administrasi yang mendukung agar kurikulum 2013 ini dapat dilaksanakan. Administrasi yang wajib dipersiapkan adalah RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sebgai pegangan para guru kelas.
Seperti yang kita tahu, guru membuat RPP agar proses belajar-mengajar berjalan sesuai dengan peraturan. Penyusunan RPP mengacu pada Permendikbud 22-24 tahun 2016. Intregrasi RPP adalah sebagai berikut:
1. PKK atau Pendidikan Karakter, wajid terintregasikan dalam proses belajar mengajar.
2. Mengintegrasikan 4C, yaitu: Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative.
3. HOTS atau Higher Order Thinking Skill juga harus dintegrasikan.
Adapun materi untuk buku mata pelajaran IPA kelas VII Kurikulum 13 Revisi 2017 adalah sebagai berikut:
Berikut adalah contoh rpp lengkap ipa revisi 2017 k13 terbaru. kelas 7 yang akan admin bagikan sebagai referensi guru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Sekolah : SMPN 4 Rambang Lubai
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel | 3.6.1 Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan. 3.6.2 Menjelaskan tentang sistem. 3.6.3 Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop. 3.6.4 Melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop. 3.6.5 Menjelaskan pengertian organ. 3.6.6 Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ. 3.6.7 Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme. 3.6.8 Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme. 3.6.9 Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel. |
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan | 4.6.1 Peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium 4.6.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop. 4.6.3 Peserta didik dapat melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop. |
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1. Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
2. Menjelaskan tentang sistem.
3. Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop
4. Melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop
5. Menjelaskan pengertian organ
6. Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ
7. Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme
8. Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang menyusun organisme
9. Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel.
10. Peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium
11. Peserta didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.
12. Peserta didik dapat melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop.
D. Materi Pembelajaran
Sistem Organisasi Kehidupan
Sel
Jaringan
Organ
Sistem organ
Organisme
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
F. Media Pembelajaran
v Media :
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
Laboratorium IPA sekolah
Perpustakaan sekolah
v Alat/Bahan :
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
Slide presentasi (ppt)
G. Sumber Belajar
Buku IPA Kls VII Kemdikbud
Buku lain yang menunjang
Multimedia interaktif dan Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. | Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit) | ||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) | |||
Guru : | |||
Orientasi | |||
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran | |||
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin | |||
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. | |||
Aperpepsi | |||
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya | |||
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. | |||
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. | |||
Motivasi | |||
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. | |||
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : | |||
Konsep Organisasi Kehidupan | |||
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung | |||
Mengajukan pertanyaan | |||
Pemberian Acuan | |||
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. | |||
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung | |||
Pembagian kelompok belajar | |||
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | |||
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) | |||
Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | ||
Stimulation | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Konsep Organisasi Kehidupan dengan cara : | |||
Melihat (tanpa atau dengan Alat) | |||
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan. | |||
Mengamati | |||
Lembar kerja materi Konsep Organisasi Kehidupan | |||
Pemberian contoh-contoh materi Konsep Organisasi Kehidupan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb | |||
Membaca. | |||
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Konsep Organisasi Kehidupan | |||
Menulis | |||
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep Organisasi Kehidupan | |||
Mendengar | |||
Pemberian materi Konsep Organisasi Kehidupan oleh guru. | |||
Menyimak | |||
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : | |||
Konsep Organisasi Kehidupan | |||
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi. | |||
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | ||
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : | |||
Mengajukan pertanyaan tentang materi : | |||
Konsep Organisasi Kehidupan | |||
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. | |||
Data | KEGIATAN LITERASI | ||
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: | |||
Mengamati obyek/kejadian | |||
Mengamati dengan seksama materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya. | |||
Membaca sumber lain selain buku teks | |||
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari. | |||
Aktivitas | |||
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari. | |||
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber | |||
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru. | |||
COLLABORATION (KERJASAMA) | |||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: | |||
Mendiskusikan | |||
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konsep Organisasi Kehidupan | |||
Mengumpulkan informasi | |||
Mencatat semua informasi tentang materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | |||
Mempresentasikan ulang |
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C | |
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
BS : Bekerja Sama
JJ : Jujur
TJ : Tanggun Jawab
DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 75,00 = Baik (B)
25,01 50,00 = Cukup (C)
00,00 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 75,00 = Baik (B)
25,01 50,00 = Cukup (C)
00,00 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau menerima pendapat teman. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah saat diberi kritik. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 75,00 = Baik (B)
25,01 50,00 = Cukup (C)
00,00 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
Untuk mendapatkan password RAR file rpp ipa smp dibawah silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Sistem Organisasi Kehidupan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Pencemaran Lingkungan - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Perubahan Iklim - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok tata surya - COMOT RPP
- download rpp kurikulum 2013 ipa kelas 7 materi pokok Lapisan Bumi dan Bencana - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Klasifikasi Makhluk Hidup ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Zat dan Karakteristiknya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Suhu dan Perubahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas VII kurikulum 2013 Kalor dan Perpindahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
- download rpp ipa kelas 7 kurikulum 2013 Kalor dan Perpindahannya semester ganjil Doc - COMOT RPP
0 Response to "RPP IPA Kelas 7 K13 Revisi 2017 Semester 2 dan 1 Terbaru"
Posting Komentar