Perangkat Pembelajaran K13 Bahasa Indonesia Perminatan Kelas 12 Revisi 2018

rpp kurikulum 2013 - Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perangkat Pembelajaran K13 Bahasa Indonesia Perminatan Kelas 12 Revisi 2018, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan rpp, silabus, Tak Berkategori, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca. Perangkat Pembelajaran K13 Bahasa Indonesia Perminatan Kelas 12 Revisi 2018


Assalamualaikum. Pada edisi kali ini akan admin publikasikan artikel tentang Perangkat Mengajar guru Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia perminatan SMA/SMK kelas 12 (dua belas). Isinya adalah RPP, Silabus, Cover, Penetapan Indikator, Analisis keterkaitan KI dan KD, Analisis Standar Kompetensi lulusan, Pemetaan kompetensi dan format penilaian, KKM/ KBM, Analisis alokasi waktu, Analisis kompetensi. Pada buku kerja 2 disusun dokumen Lembar penilaian, Kode etik, Jurnal harian, Kalender pendidikan, Promes dan prota.


Pada Dokumen RPP perangkat pembelajaran guru mata pelajaran Bahasa Indonesia Perminatan kelas 12 (dua belas) kurikulum 2013 semester ganjil dan genap ada 8 (delapan) materi pokok yaitu terdiri dari:


  • Kegiatan seminar dan atau diskusi panel tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora.

  • Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sekolah atau lingkungan tempat tinggal.

  • Kohesi dan Koherensi

  • Hasil Membaca Buku Novel

  • Ragam Bahasa

  • Unsur Fisik dan Batin Puisi

  • Sastra Melayu Klasik

  • Laporan Hasil MembacaBuku Fiksi

Sebagai pedoman bahwa RPP bahasa indonesia kurikulum 2013 (kurtilas) kelas 12 ini harus disusun berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang telah sesuai format dengan pembelajaran abad 21 dalam artinya telah terinput kegiatan pembelajaran Literasi, Penguatan pendidikan karakter (PPK), 4C dan hots.


Berikut kami bagikan Kompetensi inti (KI), Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi RPP Bahasa Indonesia Perminatan kelas 11 edisi revisi 2018.


A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator







Kompetensi Dasar (KD)



Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)



3.1 Merumuskan berbagai pendapat dalam kegiatan seminardan atau diskusi panel tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora



3.1.1 Menjelaskan pengertian seminar


3.1.2 Menjelaskan prosedur menyelenggarakan seminar


3.1.3 Menjelaskan prosedur menyusun laporan hasil seminar


3.1.4 Menjelaskan pengertian diskusi panel


3.1.5 Menjelaskan menyusun laporan diskusi panel


3.1.6 Menjelaskan mengajukan pertanyaan dalam diskusi


3.1.7 Menjelaskan cara memberikan kritikan dan dukungan dalam diskusi


3.1.8 Menjelaskan prosedur menyampaikan gagasan dalam diskusi


3.1.9 Mengemukakan gagasan secara jelas dan mudah diikuti


3.1.10 Menganalisis permasalahan yang dibahas dalam seminar dan diskusi panel


3.1.11 Menganalisis informasi hasil seminar dan diskusi panel;


3.1.12 Menganalisis simpulan seminar dan diskusi panel; dan


3.1.13 Menganalisis notulen seminardandiskusi panel



4.1 Mempresentasikan makalah rumusan berbagai pendapat tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradalam seminardan atau diskusi panel



4.1.1 Mempresentasikan makalah rumusan berbagai pendapat tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradalam seminardan atau diskusi panel


gambar rpp bahasa indonesia perminatan kelas 12 revisi 2018

FILE LENGKAP HUBUNGI 085273216532


  • DOWNLOAD COVER Perangkat PembelajaranBahasa Indonesia Perminatan kelas Xii K13 - SIMPAN FILE


  • DOWNLOAD SILABUS Bahasa Indonesia Perminatan KELAS Xii K13 - SIMPAN FILE


  • DOWNLOAD RPP Bahasa Indonesia Perminatan KELAS Xii K13 - SIMPAN FILE

  • DOWNLOAD PROTA Bahasa Indonesia Perminatan KELAS Xii K13 - SIMPAN FILE

  • DOWNLOAD PROMES Bahasa Indonesia Perminatan KELAS Xii K13 - SIMPAN FILE

Terima kasih telah membaca postingan kami tentang Perangkat Pembelajaran bahasa perminatan kelas 12 edisi revisi 2018. Jika contoh belum sesuai harapan kami mohon maaf. Admin akan berusaha mengupdate perangkat pembelajaran k13 terbaru sesuai dengan revisi dari kemendikbud. Terima kasih









0 Response to "Perangkat Pembelajaran K13 Bahasa Indonesia Perminatan Kelas 12 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel