Contoh RPP abad 21
Sahabat guru Indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Abad 21 yang bisa dijadikan acuan penyusunan RPP bagi guru SD SMP SMA SMK Tahun pelajaran 2018/2019. Sebagaimana kita ketahui bahwa rpp abad 21 ini lebih fokus kepada Hots, Literasi, PPK dan 4C.
Salah satunya rpp revisi 2018 yang harus fokus karakternya (ppk) di bawah tujuan pembelajaran, pembagian materi dibagi menjadi 3 bagian yaitu reguler, materi remidi dan materi pengayaan serta abad 21. Panduan penyusunan rpp tentu saja masih mengacu pada permendikbud nomor 22 tahun 2016 dan buku revisi 2018 kemdikbud.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah format rpp abad 21 smp edisi revisi terbaru tahun pelajaran 2018/2019. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1)
Sekolah : (Misal: SMPN 3 PRABUMULIH)
Mata Pelajaran: ... (Misal: Bahasa Inggris)
Kelas/Semester : (Misal: VII/Dua)
Materi Pokok : ... (Misal: Aritmetika Sosial)
Alokasi Waktu : (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI. CONTOH
KI-1 | : | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
KI-2 | : | Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI-3 | : | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
KI-4 | : | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan
(b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD | Indikator |
KD dari KI-1 (bila ada) | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya). |
KD dari KI-2 (bila ada) | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya). |
KD dari KI-3 | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi. |
KD dari KI-4 | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi. |
* Nilai karakter
Tulis butir-butir nilai karakter di antara butir-butir nilai karakter pada KI-1, KI-2, dan PPK yang secara alami dapat disajikan melalui materi yang dibelajarkan dan/atau dapat ditanamkan melalui metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Butir-butir nilai karakter yang dituliskan adalah butir nilai karakter operasional. Ini tidak berarti bahwa butir-butir nilai karakter lainnya diabaikan tetapi juga tertanamkan secara alami melalui bahan ajar, kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kelas walaupun tidak dengan sengaja direncanakan.
Contoh: religius, kejujuran, kerja keras
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3. Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D). A : peserta didik, B : indikator pencapaian kompetensi atau jabaran yang akan dicapai, C : kegiatan, D : nilai karakter atau ukuran lain.
5. Tujuan pembelajaran dapat dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
6. Tujuan pembelajaran mencakup sikap (karakter), pengetahuan, dan keterampilan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat .....
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat: 1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sesuai tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1. Materi pembelajaran reguler
(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
1 Pengertian letak geologis
2. Kondisi geologis Indonesia
3. Akibat kondisi geologis Indonesia
4. Langkah-langkah mengurangi dampak negatif kondisi geologis Indonesia
5. Pengaruh kondisi geologis Indonesia terhadap aktivitas penduduk
2. Materi pembelajaran pengayaan
(Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).
Contoh: Potensi kondisi geologis Indonesia
3. Materi pembelajaran remedial
(Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).
Contoh:
a. Akibat kondisi geologis wilayah Indonesia
b. Langkah-langkah mengurangi dampak negatif kondisi geologis Indonesia
c. Pengaruh kondisi geologis Indonesia terhadap aktivitas penduduk
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad 21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
1. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
2. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
3. Model: Nama model yang dimaksud
4. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
5. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
G. Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku Peserta didik, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH
1. Buku Peserta didik: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik YANG DAPAT dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip belajar dari metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
CONTOH
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Pada kegiatan pendahuluan ini peserta didik dikondisikan melakukan kegiatan PPK berbasis budaya sekolah dan diharapkan mengandung kegiatan multi-literasi.
CONTOH ......
1) Peserta didik menjawab salam guru.
2) Peserta didik berdoa dipimpin oleh guru untuk memulai pelajaran.
3) Peserta didik menyiapkan kondisi psikis dan fisik untuk siap belajar dengan menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa dipimpin oleh guru.
4) Peserta didik menjawab serangkaian pertanyaan lisan guru secara bersama-sama (penilaian formatif dengan teknik jawaban bersama untuk mengecek penguasaan kompetensi yang dipelajari sebelumnya).
5) Peserta didik menyimak informasi guru mengenai kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
6) Peserta didik menyimak guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
7) Peserta didik menyimak, guru menyampaikan lingkup penilaian, dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH DENGAN METODE SAINTIFIK:
Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA),
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan literasi (multi moda)
Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA),
Pertanyaan 1: (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: (pengetahuan metakognitif)
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku Peserta didik halaman untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
Kegiatan inti (pada pertemuan pertama dalam contoh ini) yang meliputi mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi di atas mengembangkan kemampuan literasi, kecakapan abad 21, dan karakter.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai .
Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati , merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara , menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara .
Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara .
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu .
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu .
Peserta didik melakukan salam sesuai budaya sekolah
Kegiatan penutup ini mengandung PPK berbasis sekolah dan kegiatan literasi.
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit) CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan .
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara .
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu .
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan 6)
Dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai
.
Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara , menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan , dan mengomunikasikan jawaban dengan cara .
Guru memberiumpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara .
Guru melakukan melakukan penilaian dengan teknik .
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu .
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu .
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit) CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan .
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan cara .
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu .
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)
Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA);
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait .
Guru bersama-sama peserta didikmelakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara , menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan , dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ; serta mencipta
Guru melakukan penilaian dengan teknik .
Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu
Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu
Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu .
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
1 Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
Observasi | Jurnal | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) | |
Penilaian diri | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) | ||
Penilaian antar teman | Lihat Lampiran ... | Setelah pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran (assessmenl as learning) |
2 Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
Observasi | Jurnal | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) | |
Penilaian diri | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran usai | Penilaiansebagai pembelajaran (assessment as learning) | ||
Penilaian antar teman | Lihat Lampiran ... | Setelah pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
3 Pengetahuan
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
Lisan | Pertanyaan (lisan) | Lihat | Saat | Penilaian untuk | |
dengan jawaban terbuka | Lampiran ... | pembelajaran berlangsung | pembelajaran (assessment for learning) | ||
Penugasan | Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning) | |
Tertulis | Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar- salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | Lihat Lampiran ... | Setelah pembelajaran usai | Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning) | |
Portofolio | Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis | Saat pembelajaran usai | Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning) |
4 Keterampilan
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
Praktik | Tugas (keterampilan) | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) | |
Produk | Tugas (keterampilan) | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) | |
Proyek | Tugas besar | Lihat Lampiran ... | Selama atau usai pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) | |
Portofolio | Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek | Saat pembelajaran usai | Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
pembelajaran ulang
bimbingan perorangan
belajar kelompok
pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soal- soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Jakarta, ......, .......................
Mengetahui Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
NIP. ... NIP. ...
0 Response to "Contoh RPP abad 21"
Posting Komentar